welcome

To My Blog... kunjungilah beberapa artikel menarik, yang bisa anda baca dalam keseharian, mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca. jangan lupa untuk meninggalkan coment sebelum meninggalkan blog kami. terima kasih

Rabu, 01 Agustus 2012

2 ".'Efek Jejaring Sosial terhadap Kesehatan


Banyak orang dapat dengan mudah menyadari keuntungan dari jejaring social seperti kemudahan untuk berkomunikasi dengan orang-orang bahkan saat anda dalam situasi terpencil, lalu kemudahan untuk selalu dekat dengan teman,keluarga yang jauh dengan kita serta fleksibilitas berkomunikasi pada saat yang memungkinkan.Namun begitu,nilai negative yang dapat timbul dari kegiatan chatting di jejaring social seperti facebook,twitter atau blackberry messager lebih sulit bagi kita untuk menyadarinya sampai kita sendiri yang mengalami perubahan negative tersebut.

Menurut University of Leeds, Inggris yang telah melakukan penelitian pada tahun 2008,menyimpulkan bahwa umur yang paling rentan mendapat efek negative dari jejaring social adalah pada umur sekitar 21 tahun.Namun fakta dalam 3 tahun terakhir usia pengguna internet dan jejaring social adalah usia yang lebih muda dan anak-anak.
Usia muda memang lebih cenderung mengalami efek negative jejaring social terhadap kesehatan mental,namun mereka orang dewasa yang rentan terhadap prilaku adiktif juga harus waspada terhadap efek-efek negative yang dapat timbul dari jejaring social khususnya yang berhubungan dengan kesehatan mental.
Berikut adalah tanda-tanda dan gejala dari efek jejaring sosial yang tidak sehat yaitu :
·         Kehilangan konsentrasi – mudah terganggu dan hilangnya kemampuan untuk berkonsentrasi
·         Kurangnya kepedulian terhadap keluarga dan teman yang berada di sekitarnya – karena terlalu asyik berinteraksi dengan orang lain di jejaring sosial.
·         Kurangnya kemampuan komunikasi– sedikit berbicara, sulit mengartikulasikan pikiran dalam kata-kata, dan tidak memperhatikan ketika orang lain berbicara
·         Tidak peduli terhadap kewajiban dalam dunia “nyata”– oleh karena lebih tertarik dengan kegiatan di internet dari pada kegiatan di luar internet atau dunia ‘nyata’
·         Simtom with drawal atau menarik diri (agitasi,agresif dan gelisah) – selama tidak dapat berpartisipasi dalam jejaring social untuk jangka waktu tertentu.
·         Meningkatnya berat badan – oleh karena kurangnya aktifitas dan seringnya mengemil saat melakukan kegiatan di depan computer.Tentu saja anda harus waspada terhadap hal yang satu ini,karena keadaan yang lebih parah dari meningkatnya berat badan adalah obesitas,dan banyak penyakit yang bias timbul dari obesitas seperti hipertensi atau diabetes mellitus.
Lalu apakah anda langsung berhenti melakukan kegiatan di jejaring sosial?Tidak, hanya  lebih cermatlah untuk mengatur proporsi waktu anda antara melakukan kegiatan di jejaring social dan di dunia ‘nyata’.Sehingga anda masih dapat menyadari bahwa masih banyak hal yang dapat dilakukan dibanding hanya berduduk ria di depan computer dan hanya mengobrol.Dengan begitu juga anda dapat menyadari keberadaan keluarga atau teman-teman anda yang selama ini anda lupakan.
Cobalah untuk melakukan kegiatan positif dari jejaring sosial,seperti memperluas pengetahuan terutama di bidang kesehatan,sehingga pola hidup sehat dapat anda jalani setiap hari dan dapat diterap kan pada keluarga anda ataupun berbagi info terhadap pasangan atau teman.

2 komentar:

Di buka saja

Pengikut

 

Ane ochit Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates